Tips Bagaimana Berdamai Dengan Baby Blues

1 tahun yang lalu      Artikel

Tips Bagaimana Berd a mai Dengan Baby Blues

Usai melahirkan morasa emosi turun naikhingga terkadang ,tiba-tiba marah atau menangis? Bisa jadi Anda terkena baby blues. Apa gejalanya dan bagaimana penanganannya?

 Beberapa hari ini, Rere tampak uring-uringan. la gampang marah. Terkadang tiba-tiba menangis. Padahal, seminggu lalu ia tampak bahagia lantaran melahirkan jabang bayi dengan proses normal. Rasa lelah bersalin tak terasa begitu memeluk buah hati tercinta. Sayangnya, kini muncul perasaan moody dan émosinya tak stabil boleh jadi ia mengalami baby blues.Ya, dalam proses adaptasi menjadi seorang ibu baru, di minggu-minggu pertama, terjadi perubahan hormonal dan psikis yang menyebabkan terjadinya baby blues

Menurut Fonda Kuswandi Praktisi Hypno-birthing, Hypnobreastfeeding, Hypnoparenting clari Pro V Clinic Holistic Health 'Care Jakarta, setelah melahirkan, hormon-hormon kehamilan menurun clrgastis. Lalu, .diganti dengan prodglgsi hormon-hormon untuk menyusui. Nah, fluktuasi atau perubahan hormonal dalam tubuh ini bisa menimbulkan efek kurang memicu perasaan-perasaan negatif.

Penyebab lain adalah misalnya bersalah atas proses baru saja dilewati, mengalami menyusui, khawatir dirinya tak bisa menjadl ibu yang baik bagi bayyi,Kelelahan kewalahan berperan Munculnya   tersebut  kemungkinan    kurangnya persiapan mental    'menghadapi berbagai' kemungkinan ketika “berperan ganda", baik itu mengurus suami, diri sendiri maupun  A merawat bayi. Apalagi ia mendapati  hal-hal yang belum pernah ia alami adalam mengasuh dan merawat si Kecil. Bagi sebagian ibu baru, ini tentunya dapat menimbulkan masalah.

 Ragam Gajala

Ada beberapa gejala khas dari baby blues ini, tiga di antaranya:

Merasa Bosan, Sedih, dan Lelah

Usai melahirkan, ibu merasa bosan karena yang dihadapinya sehari-hari hanyalah seputar merawat dan mengasu bayi yang ternyata cukup merepotkan. Apalagi  jika tak ada siapa pun yang membantu. Efeknya ibu mengalami kelelahan yang luar biasa, kurang istirahat, ingin tidur tapi tidak bisa tidur, abahkan insomnia. Akibatnya ibu pun bisa mengalami penurunan konsentrasi.

Di sisi lain, bayi yang semula manis kini sering rewel dan menangisi tiada henti Semua cara sudah dikerahkan, tapi si Kecil tetap saja menangis. Alhasil, ibu ikut-ikutan sedih bahkan menangis. Rasa kecewa atau kesal bercampur aduk karena segala upaya yang sudah dilakukan ternyata tak membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

Mudah marah, Tersinggung dan Lebih Sensitif

Kala melihat bayi sering menangis bahkan mengalami muntah, misalnya, dan' sebagainya, ibu secara tak sadar malah memarahi atau membentak ,si Kecil. Di sisi lain, suami biasanya bingung kenapa istrinya jadi sensitif dan mudah 'tersinggung. Sang ibu jadi tambah kesal karena suami tak berusaha membantu menyelesaikan problem yang dihadapinya. Intinya, ibu menjadi tidak sabar, mudah marah, dan mudah terpancing emosinya. Selama berada di RS begitu usai mélahirkan,“ ibu mendapatkan perhatian penuh dari ».keluarga, kerabat, teman dan lainnya. Namun, begitu pulang ke rumah, kondisi' bisa berubah 180 derajat Ibu kurang mendapat perhatian dari lingkungan terdekat ,dan harus mengurus bayi lebih intens dari siapa pun. Masalah bisa makin bertumpuk tatkala ibu menemui kesuIitan dalam memberikan ASI misalnya, sementara tuntutan mengurus kebutuhan suami dan diri sendiri harus tetap dipenuhi.

Bayangan semula yang terasa menyenangkan kini menyergap dalam bentuk aneka kerepotan. Akibatnya, ibu merasa terasing. Belum lagi “bila orangtua atau mertua banyak memberi komentar atau terlalu ikut campur soal pengurusan anak hanya karena merasa lebih berpengalaman. Hal-hal semacam ini gampang membuat ibu semakin bingung. Dalam hati,muncul rasa bersalah sekaligus malu bila dikomentari kurang terampil mengurus anak dan sebagainya.

9 Pananganan Tepat

Baby blues bisa dikatakan ringan jika berlangsung kurang Iebih  2-3 minggu pasca persalinan.jika tak tertangani dengan baik 'dan sampaintuntas, ada kemungkinan ibu mengalami depresi pasca persalinan dan sebaiknya segera mencari bantuan profesional agar bisa segera diatasi. Agar tidak berujung ménjadi depresi, sebaiknya dilakukan upaya pénanganan segera. Berikut di antaranya: 

  1. Dukungan OrangTerdekat

Dukungan suami, orangtua, mertua sangat dibutuhkan. Dalam hal ini, penting sekali peran serta orang-orang terdekat untuk membantu meringankan tugas ibu mengasuh merawat sang  bayi dengan cara bagi-bagi tugas. Dengan begitu, beban yang dipikul jadi jauh lebih ringan.

Selama 2 minggu pasca melahirkan suami sebaiknya mendampingi istri tercinta. Mengapa? Karena di masa ini ibu tengah beradaptasi dengan bayi dan segala permasalahannya. Bila masa ini terlewati  déngan baik biasanya kendala pengasuhan dan perawatan bayi bisateratasi. Yang tak kalah penting, suami seharusnyag mengerti kondisi istri setelah melahirkan. Suami harus lebih sabar dan mengerti jika istrinya jadi uring-uringan. Cobalah- pahami masalah yang dihadapi dan bantulah mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

  1. Berbicara Pada Orang-orang yang dipercaya

Berbagi masalah dengan orang-orang yang dipercaya seperti teman, saudara, orangtua, atau" sesama ibu yang pernah mengalami hal serupa tentu bisa membantu. Ya, Anda dapat mencari support group sehingga tak merasa sendirian. Ibu bisa bertukar pikiran mengenai cara-cara mengatasi keluhan psikis yang dialami. Meski Anda sudah banyak membaca literatur tentang cara mengatasi sindrom tersebut, adakalanya teori yang didapat berbeda dari kenyataan masalah yang dihadapi.

  1. Menuliskan Perasaan di Jurnal

Selain berbagi atau curhat dengan orang terdekat atauyang dipercaya, ibu juga dapat menuliskan pérasaan di jurnal. Apa yang beban dalam pikiran tuangkan sehingga sedikit demi sedikit terasa ringan. Pada orang tertentu, menumpahkan kendala yang sedang dihadapi dalam bentuk tulisan, terasa sangat membantu.

  1. Menghirup udara segar dan Pola makan bergizi

Suasana bosan setiap hari di- rumah dengan merawat sang jabang bayi sesekali perlu diubahsuasananya. Cobalah menghirup udara segar di pagihari, misalnya. Hal sederhana ini sudah bisa sangat membantu.

  1. Jaga pola makan sehat bergizi

Mengasuh dan merawat si Kecil bukan berarti Anda jadi Iupa dan melewatkan makan. Tetaplahuntuk makan secara teratur sesuai jadwal. Sesuaikan porsi dan tak lupa upayakan untuk mengonsumsi makanan bergizi Dengan begitu, kondisi tubuh itu tetap fit dan prima.

  1. Melakukan Meditasi dan Relaksasi

Upaya lain yang bisa dilakukan adalah melakukan meditasi dan relaksasi secara rutin. Diharapkan ibu akan merasakan ketenangan, tentram dan damai meski dihadapkan dengan persoalan mengasuh si Kecil yang notabene dibilang merepotkan. Ibu justru jadi akan mudah menangani kendala pengasuhan si Kecil.

  1. Mencari bantuan untuk Mengurus Rumah tangga

Ada baiknya juga mencari asisten rumah tangga yang mengurus urusan .Iain di rumah. Dengan begitu, ibu terfokus untuk merawat sang jabang bayi.Tidak semua urusan rumah ibu harus selesaikan karena beban sudah terbagi.

  1. Menurunkan Standar

Ya, namanya' juga ibu baru, pasti segala sesuatunya perlu proses pembelajaran. Tidak tiba-tiba bisa terampil mengurus dan merawat bayi. Meski ibu sudah berusaha semaksimal mungkin, wajar saja bila ada kekurangan di sana-sini. Tak pérlu berharap segala sesuatunya sempurna. Justru ini membuat ibu jadi tertekan dan merasa terbebani.

  1. Kunsultasi Pada Profesional

Jika masih belum mendapatsolusi yang memuaskan, pilihan alternatifnya adalah konsultasi pada yang  ahli, misalnya psikolog yang dapat membantu mencarikan jalan keluar dari masalahseputar pasca persaliinan.Berkonsultasi dengan pakar membuat ibu setidaknya berpikir bahwa persoalan yang dihadapi bukanlah sesuatu yang abnorrnal melainkan wajar.

CEGAH BABY BLUES

Nah, untuk mengantisipasi hal itu, yang terpentingadalah persiapan jauh-jauh hari, termasuk di dalamnya persiapan mental, fisik, bahkan finansial. ' Perbanyaklah pengetahuan atau informasi yang gberhubungan dengan kehamilan, persalinan, pengasuhan bayi dan sebagainya. Dengan bégifu, permasalahan kehamilan ataupun kendala setelah melahir kan setidaknya bisa teratasi dengan baik. Beberapahal konkret yangbisa dilakukan di angaranya rutin melakukan meditasi, relaksasi hypnobirthing, yoga kehamilan, menjaga pola makan agar tetap Seimbang sejak merencanakan g kehamilan dapat membuat kondisi ibu lebih stabil baik dari sisi fisik, pikiran dan kejiwaan, sehingga bisa membantu menjadi lebih tenang, pasrah, dan bisa memperkecil kemungkinan terjadinya baby blues.

SUMBER : NOVA                                   CP: 08122 1155 717

Baju Anak Fanfi,Fanfi Baju Anak,Grosir Baju Anak Cimahi,
Pusat Baju Murah Bandung,Pusat Grosir Baju Anak Bandung,
Baju Anak Sisa Export,Supplier Baju Anak Import Tangan Pertama,
Dress Anak Premium Fanfi,Baju Anak Premium Fanfi

=======================

 

FANFI FASHION : PUSAT GROSIR BAJU MURAH BANDUNG

 ===============================================

Kami menyediakan berbagai baju Branded, baju sisa ekspor, impor dan lokal, untuk anak dan dewasa.

alamat : Taman Pondok Mas Indah, RUKO No.18, Baros, Leuwigajah, Cimahi Jawa Barat.

Jual secara Ecer, Grosir dan Partai juga karungan / bal-balan. Menerima Reseller baju dan Dropship.

Nikmati berbagai Promo dan Diskon, mulai dari Voucher, Gratis Pulsa, Diskon berganda dan banyak Surprise Kado dari kami.

 

https://www.fanfifashion.net

https://www.fanfifashion.co.id

Dapatkan Free Ongkir dan keringanan belanja dengan sistem cicilan, jika anda mengorder via toko kami di marketplace : shopee Fanfifashion, atau di Bukalapak : Fanficollection.

https://shopee.co.id/fanfifashion

https://www.bukalapak.com/u/fanficollection

Ikuti terus info terupdate produk di Instagram kami : @ fanfifashion

WWW.INSTAGRAM.COM/FANFIFASHION

Dan Jangan lupa like fanpage kami di Facebook :

https://business.facebook.com/bajuanakbrandedfanfi (JUAL BAJU ANAK BRANDED)

Baju Anak Tanah Abang,Baju Bayi 3 bulan,Baju Bayi Baru Lahir,Baju Bayi Laki Laki,Baju Bayi Laki Laki Baru Lahir
Baju Bayi Lucu
,Baju Bayi Murah,Baju Bayi Online,Baju Bayi Perempuan Baru Lahir,Baju Bayi perempuan Lucu dan Unik
Baju Branded ,Baju Branded Anak Grosir,Baju Branded Anak Murah,Baju Branded Bandung
,Baju Branded Dewasa,

baju anak import ,baju anak import grosir ,baju anak import murah ,baju anak laki
baju anak laki laki ,baju anak laki laki import ,baju anak modis ,baju anak murah ,baju anak murah import 

baju anak murah meriah ,baju anak murah surabaya ,baju anak online ,baju anak perempuan ,baju anak perempuan branded 
baju anak perempuan import murah ,baju anak perempuan import ,baju anak perempuan murah ,baju anak tanah abang ,baju atasan wanita

baju baby branded ,baju bayi branded ,baju bayi branded murah ,baju bayi branded ,baju bayi import grosir 
baju bayi import murah ,baju bayi import online ,baju bayi import ,baju bayi murah, 
,baju bayi perempuan, 
baju branded anak ,baju branded anak murah ,baju branded anak ,baju branded murah ,baju branded online

 




Komentar Artikel "Tips Bagaimana Berdamai Dengan Baby Blues"