Persiapan Anak dan Orangtua saat Tahun Ajaran Baru

1 tahun yang lalu      Artikel

 TAHUN AJARAN BARU-SIAPKAN FISIK & MENTAL ANAK

Tahun ajaran baru telah tiba.saatnya mempersiapkan anak bersekolah. T entunya tidak hanya mempersiapkan kebutuhan sehari-sehari seperti buku,tas,bekal,seragam dan lainnya. Akan tetapi,hal yang lebih penting di perhatikan juga ada kesiapan fisikdan mental anak. Berikut penjelasan DEWI PUSPA HARDIAWAN, M.Psi.,Psikolog.

PERSIAPAN FISIK ANAK  SAAT TAHUN AJARAN BARU

Persiapan fisik perlu dilakukan karena dapat membantu anak meningkatkan aktivitas fisik yang jarang dilakukan di rumah dan membantunya lebih banyak bergerak,seperti berolahraga,bermain,dan sebagainya.Dengan demikian keterampilan motoriknya meningkat

Selain itu,juga dapat mengembangkan kreativitas dan meningkatkan life skill anak,agar ia dapat belajar tentang kemandirian dan mampu menyiapkan segala sesuatu sendiri tanpa bantuan.

Anak masuk playgroup

Jaga stamina.perhatikan jarak dan waktu tempuh dari rumah menuju ke sekolah.sebaiknya pilih sekolah yang tak terlalu jauh dari rumah sehingga perjalanan tak sampai melelahkan anak.

Biasakan rutinitas.sebaiknya anak di biasakan untuk bangun pagi.tujuannya agar anak tidak terlambat sekolah.jangan lupa untuk selalu sarapan.

Latih toilet training.Hal ini perlu di latih anak agar tidak mengompol di kelas dan dapat mengontrol keinginannya untuk buang air besar maupun buang air kecil di toilet.

Anak masuk TK

Selain menjaga stamina dan membiasakan bangun pagi,agar anak siap secara fisik di sekolahnya perlu juga dilakukan

Latihan kesiapan motorik,baik motorik halus yang meliputi:menghubungkan titik-titik atau garis,menggunting,melipat,membedakan bentuk,dan sebagainya:maupun motorik kasar,seperti melempar,memanjat,melompat,berlari,dan sebagainya.di rumah,orang tua juga dapat melatih kemampuan anak misalnya dengan memperkenalkan berbagai macam warna dan bentuk benda dengan alat-alat permainan yang mendukung.

Batasi penggunaan gadget,game,atau playstation,sebaiknya latih dengan permainan yang membutuhkan gerak untuk menstimulasi fisik seimbang,misalnya,bermain sepeda.

Latih kemampuan self help.hal ini perlu dilakukan agar anak dapat mengomunikasikan atau mengucapkan secara verbal kebutuhannya,misalnya bila ingin ke toilet.

Anak masuk SD

Pastikan ketahanan tubuh anak siap untuk memfokuskan perhatian,pada proses belajar di kelas,dapat duduk diam dan tertib dalam waktu yang relatif lama,dan sudah mampu mengarahkan gerak tubuhnya untuk menyelesaikan tugas tertentu yang di intruksikan guru,sebaiknya orang tua juga mulai membatasi waktu bermain game atau menonton teve agar anak dapat lebih memanfaatkan waktu untuk belajar di rumah sebagai cara mempersiapkan memasuki SD.

PASTIKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK,

baik motorik kasar dan motorik halusn Anak .apakah anak sudah mampu mengontrol otot-ototnya sehingga ia dapat memegang pensil dengan baik,menulis,mengambar,mengerjakan keterampilan tangan seperti menempel,menggunting,dan sebagainya.

Pastikan anak sudah menguasai keterampilan self help.misalnya,ke toilet sendiri dan membasuhnya setelah buang air,dan sebagainya,pasalnya,di SD anak-anak di tuntut untuk lebih mandiri di bandingkan saat ia di TK

PERSIAPAN MENTAL ANAK  SAAT TAHUN AJARAN BARU

Mental si kecil perlu di persiapkan agar meningkatkan rasa percaya dirinya dan membantunya mengatasi rasa cemas,berani bertemu dengan orang-orang baru di lingkungan yang baru sehingga anak merasa senang,nyaman,dan lebih percaya diri menyambut hari pertama di sekolah

Selain itu,untuk meningkatkan keterampilan sosial dan emosional.semakin banyak berinteraksi,anak dapat semakin meningkatkan keterampilan sosial  dan emosional serta mendorongnya untuk belajar berkomunikasi dan mengungkapkan perasaan.selain itu,anak juga bisa belajar untuk mengenal banyak karakter.

Anak masuk playgroup

Perhatikan rentang usia.usia masuk playgroup idealnya 3-4 tahun,playgroup menekankan pada prinsip bermain sambil belajar yang merangsang tumbuh kembang anak,bukan pada kemampuan akademiknya.

Bantu anak beradaptasi.Dapat dilakukan dengan cara mengajak anak untuk observasi atau mengunjungi langsung sekolah agar anak mengenal sekolahnya sebelum ia menjalani hari pertama sekolah.misalnya,mengajaknya berkeliling sekolah sambil berkenalan dengan para guru,menunjukan fasilitas sekolah sepaerti ruang kelas,taman bermain,lapangan,dan sebagainya untuk membantu anak beradaptasi.

Di sini orang tua dapat melihat respons anak dan mendengarkan pendapatnya tentang sekolah tersebut.dalam keesmpatan ini,orang tua juga dapat mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai playgroup yang akan di pilih dan mengetahui  apakah playgroup tersebut cocok untuk anak terutama dalam membentuk kepribadiannya.

Latih anak bersopan-santun/bertatakrama yang baik.hal ini perlu dilakukan karena pembelajaran nilai-nilai kesopanan sangat penting dalam membentuk kepribadian anak.selain itu,ajari anak untuk belajar  berbagi,bekerja sama dengan teman,mengendalikan emosi,dan sebagainya.

Anak masuk TK

Perhatikan rentang usia.usia tepat masuk TK antara 4-5 tahun karena pada usia ini kemampuan emosi dan kognitifnya sudah berkembang dengan baik.

Latih kemampuan social help.hal ini perlu dilakukan agar anak mengerti kebutuhan orang lain,misalnya tidak bersikap egois,mau mendengarkan orang lain,mau berbagi dengan teman,mengendalikan emosi,dan sebagainya.

Latih kemampuan memahami intruksi,menyimak,mau mengikuti perintah guru,mengenal aturan serta belajar bersama teman-temannya sehingga saat ia melanjutkan ke sekolah selanjutnya,ia dapat memiliki tanggung jawab,bisa mengikuti peraturan,tata tertib dan disisplin,serta bisa memahami keberadaan di lingkungannya.

Latih kemandirian dan percayua diri anak.hal ini perlu di lakukan agar anak tidak perlu ditemani masuk kelas oleh orang tua atau pengasuhnya saat di sekolah.selain itu,ajari juga anak untuk mengeluarkan tempat makan dari tas,membuka sendiri tempat makan dan botol minumnya,memasang kancing baju,kaos kaki,tali sepatu,membuka celana,dan sebagainya.

Anak masuk SD

Perhatikan rentang usia.secara umum anak yang ingin masuk SD disarankan minimal berusia 7 tahun,kenapa?karena di usia ini seorang anak di anggap paling siap secara fisik maupun psikis.selain itu,gerakan motorik anak juga sudah lebih bagus,otot dan sarafnya pun sudah terbentuk,misalnya memegang pensil.

Latih kemandirian,kemampuan adaptasi dan sosialisasi.hal ini perlu dilakukan agar anak mampu menyesuaikan diri dengan suasana sekolah.tidak ada salahnya orang tua juga mencari informasi bila ada teman-teman TK yang sama-samadi SD tersebut agar ia tidak merasa sendirian di sekolah baru dan bukan ia satu-satunya anak baru di sekolah itu.selain itu,biasakan anak untuk belajar mengatasi masalah-masalah dan mengendalikan emosinya dalam bergaul.misalnya,tidak mudah marah atau menangis.

Bangkitkan minat belajar dan penjelasan kebiasaan belajar.termasuk di dalamnya perbedaan cara dan tuntutan belajar antara TK dengan SD beserta aturan-aturan sekolah.perkenalkan juga istilah PR atau tugas dari guru yang harus dikerjakan di rumah agar anak belajar di rumah.

Selain itu,bantu anak agar ia mampu memahami penjelasan guru,dapat menjawab pertanyaaan guru dengan kata-kata yang dapat di mengerti dan menyesuaikan diri dengan aturan atau tugas serta menyelesaikan tugas yang diberikan dan belajar menunggu giliran,hendaknya orang tua memberi informasi yang positif dan menerangkan tentang sekolah barunya.katakan kepada anak bahwa sekolah itu menyenangkan.

PERSIAPAN ORANG TUA SAAT TAHUN AJARAN BARU

1.Pilih sekolah yang menyeimbangkan semua aspek perkembangan anak.

2.Berikan motivasi kepada anak dengan memberikan informasi yang menyenangkan tentang sekolah.

3.Menemani anak saat hari pertama atau 1 minggu pertama untuk masuk sekolah.

4.Untuk anak yang akan masuk SD,kesiapan sekolah bukan sekadar anak mapu baca tulis hitung,namun lebih penting adalah kesiapan dan kematangan masuk sekolah.

5.Tidak ada salahnya bila orang tua berkomunikasi dengan guru,memberi tahu atau berkonsultan mengenai kondisi anak.

Tahun Ajaran Baru, Persiapan anak masuk sekolah, Persiapan masuk Tahun Ajaran Baru, Persiapan Orang tua Tahun Ajaran Baru, Persiapa fisik Anak, Persiapan Mental Anak, Persiapan Anak Masuk Sekolah Tahun Ajaran Baru,

 Pusat baju murah,

FANFI FASHION SHOP

Sebagai Distributor Baju Anak Branded terlengkap : Fanfi Fashion telah mensuplai baju ke berbagai daerah di Indonesia.

Kami menyediakan aneka baju anak Branded baik Baju anak dan baju bayi. Produk berkualitas dengan harga Murah terjangkau. Supplier Baju Anak Branded Murah Tangan Pertama langsung dari Pabrik Cina. Jual secara Ecer, Grosir dan Partai. Menerima Reseller baju dan Dropship.

Hubungi kami :

WA : +62 -8122373-4994 atau 0813-2123-8833 atau  0812-2238-9290

Taman Pondok Mas Indah Ruko No, 18. Baros, Cimahi. Jawa Barat. Indonesia.

  -------------------------

Grosir Baju Branded, Grosir dress anak Branded, Grosir Branded baju anak, Jual Baju Anak Branded Harga Murah, Jual Baju Branded  Dropship, Jual baju Branded  Korea, Jual Baju Branded Anak, Jual Baju Branded Bandung, Jual baju Branded bangkok, Jual Baju Branded Batam, Jual baju Branded China, Jual Baju Branded di Surabaya, Jual Baju Branded Grosir, Jual Baju Branded Grosiran, Jual Baju Branded Harga  Grosir, Jual baju Branded Jepang, Grosir baju anak Branded bogor,




Komentar Artikel "Persiapan Anak dan Orangtua saat Tahun Ajaran Baru"