Kenapa anak ku jadi Jahat

1 tahun yang lalu    

ANAK KU KOK JADI JAHAT?

Anak di rumah "angel' kok di luar jadi "devil" ? 

Jika si kecil kita di rumah terlihat sangat penurut, pendiam, sebaiknya kita jangan lantas “tertipu". Karena, bisa jadi di Iuar rumah, di sekolah, misalnya si kecil mendadak jadi “monster".Tak berhenti sampai di situ, si kecil yang kalau ngobrol dengan kita begitu halus tutur bahasanya, eh begitu di medsos tiba-tiba menjadi sangat pembenci. Menjadi pelaku cyberbuliying yang tindakannya sungguh di Iuar bayangan kita.“Kerasukan" apa buah hati bunda ini?

Tenang. Jikapun itu mimbi buruk, kita harus segera bangun. Jika pun si s kecil kerasukan, sudah pasti tak ada hubungannya dengan“dunia lain". Karena, “Pola asuh memberikan kontribusi yang besar terhadap pembentukan karakter seorang anak termasuk menjadi pelaku bullying. Misalnyapola asuh yang terlalu keras di mana anak dipaksa untuk selalu menurut tanpa ada kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya," jelas' Vera ltabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi.

Simpelnya, menurut psikolog yang kini aktif praktik di Lembaga Psikologi Terapan Universitas indonesia itu,kita sebagai orang tua merupakan orang pertarna yang harus mengaca pada diri sendiri ketika menemukan anak sebagai salah satu pelaku cyberbuliying. Sebab, tindakan anak menjadi kasar berasal dari poia asuh orangtua dan juga Iingkungan.

Tak hanya itu, kurangnya kendali orang tua terhadap media sosial anak juga menjadi salah satu contoh mereka bertindakjahat. Nah, ,berdasar analisae itu, saat anak mendapatkan tekanan n dari. Orangtua dengan beragam tunfutan, dia “bisa saja akan bertindak brutal di Iuar rumah.~ Terbiasa dipaksa di rumah, ia pun akan melakukan pemaksaan terhadap orang Iain.

"Tapianakku penurut."

Justru' itu, Karena kebanyakan, korban memiliki Iatar belakang sebagai anak penurut di rumah, sehingga dia pun Cenderung akan mengikuti arahan dari sosok yang memiliki kekuatan. Jadi, tak ada kisah Iain, kita sebagai orang tua wajib menjaga adab, menerapkan peraturan, dan selalu yang pegang kendali pada anak khususnya saat bermain media sosial. Seperti yang kita tahu, media sosial mempermudah peiakuuntuk menunjukkan kuasa mereka atas orang- Iain. Termasuk mereka juga kurang memilikivrasa empati untuk menerima perbedaan-seperti yang kian marak terjadi beiakangan ini.

CARA MENDIDIK ANAK AGAR TIDAK JADI JAHAT

Lantas, bagaimana Caranya agar si kecil terhindar sebagai korban, apalagi jadi pelaku cyberbullying?

1. Patuhi Batasan Penggunaan Media Sosial

Jika Anda betulan sayang anak, berikanlah mereka gadget ketika ia sudah 13 tahun. Tapi “Jika sudah terlanjur ya orangtua harus mendampingi ketika anak menggunakan media sosial.Dalam mendampingi, kita juga harus mengenalkan batasan yang boleh dilakukan anak. Berikanlah mereka pengetahuan akibat -akibat atau konsekuensi yang akan didapat jika melakukan kejahatan atau tindakan buruk di media sosial. Dengan begitu, anak pun akan menjaga batasan mereka agar tidak menjadi pelaku.

Tanamkan juga ke mereka jika media sosial merupakan konsumsi publik karena menurut Vera, banyak anak merasa tidak melakukan salah saat bertindak karena merasa menuliskan hinaan dari akun pribadi mereka.

2. Kenalkan Undang-undang Teknologi Informasi pada Anak

Maraknya kasus perundungan digmedia sosial, membuat Indonesia memiliki aturan hukum untuk meminimalisir kejahatan yang disebutkan dalam Undang-undang Informasi Teknologi (UU ITE). Tak ada salahnya untuk memperkenalkan anak mengenai jeratan hukum yang akan didapati mereka ketika melakukan kejahatan di media sosial. “Lalu batasi penggunaan media sosial anak sebagai konsekuensi di dalam keluarga.”

Dibandingkan membiarkan anak bermain di media sosia|,'sebagai orangtua alihkan perhatian anak ke aktivitas non-gadget misal menggambar, menulis, bermain musik, atau bisa juga dengan Iiburan. Tak hanya itu, dengan memberikan perhatian ini membuat anak pun semakin dekat dan percaya dengan kita.

3. Karena kita Si kecil Jadi Penjahat? Evaluas i Diri yuk.

Saat anak dalam masa perkembangan secara emosi mereka akan meniru tingkah Iaku orang tua. Dari mulai tindakan hingga ucapan, jika Anda sering melontarkan kalimat kasar mereka pun akan menyerap perilaku tersebut-iika tak bisa di dalam, mereka akan melakukannya di Iuar rumah dan di medsos. Selaih itu, tindakan kasar dari orangtua juga membuat anak tidak bisa mengendalikan emosi mereka dan selalu menyalahkan orang Iain ketika dirundung masalah. “Memberikan kritik terhadap anak secara berlebihan juga berdampak pada anak.”

Pasalnya, anak yang melakukan perundungan  memiliki self-esteem atau harga diri rendah sehingga kita perlu membangkitkan' mereka dengan rneyakinkan anak jika mereka memiliki kelebihan yang membanggakan. Bukan cuma itu, kita juga harus mengajarkan anak untuk berbuat baik ke pada orang sekitarnya sehingga pribadi baik pun menjadi nilai Iebih untuk dibanggakan.

4. Tumbuhkan Rasa empati Anak

Adanya perundungan merupakan tanda jika anak yang menjadi pelaku kurang memiliki rasa empati sehingga mereka bisa bertindak sesuka hati tanpa memikir kan perasaan orang Iain. Ini menjadi kerja keras kita bersama sebagai orangtua untuk mengajarkan empati Caranya juga tidaklah suiit hanya perlu konsisten dan tulus dari hati.

Akan tetapi, hasil ini akan semakin baik jika dilakukan bersama-samadengan pasangan sehingga anak merasa kehadiran mereka juga penting bagi kedua orang tuanya. Begitu pun saat memarahi anak, kita stak perlu melonrarkan dan melakukan tindakan kasar kepada mereka. Tak ada salahnya jika memarahi anak dengan Iembut dan tidak perlu berlebih sehingga mereka juga menghargai setiap emosi yang kita keluarkan.

Hargai setiap emosi anak. Misal, anak sedang sedih dan ingin menangis jadilah sandaran mereka dan bantulah mereka menenangkan emosi sedihnya tersebut. Anda pun bisa 'mengajak anak untuk melakukan aksi sosial denganmembantu orang yang kurang mampu sehingga mereka bisa memiliki sikap saling menghargai dan mau menolong sesama.

 

Sumber : Nova
Dewi 081221238833

 

PUSATBAJUMURAH.COM bandar baju untuk baju branded berkualitas, baju anak maupun baju dewasa dengan harga murah. Kami jual cere, grosir, partai dan karungan. Bisa langsung ke lokasi : gudang kami di Jl. Pondokmas Raya 18, Cimahi Jawa Barat, Indonesia. 081223734994




Komentar Artikel "Kenapa anak ku jadi Jahat"