CARA TUMBUHKAN OPTIMISME ANAK

1 tahun yang lalu      Artikel

10 Cara Tumbuhkan Optimisme Anak

Dari sudut pandang psikoiogi, optimisme adalah cara berpikir positif yang mengarah pada kebaikan kondisi terbaik dari suatu keadaan masalah. Kita tahu, keluarga sebagai Iingkungan pertama dan utama dalam perkembangan si buah hati. Anak cenderung mencontoh sikap orang disekitarnya, terutama Orangtua. Karena itu, faktor pola asuh menjadi peran yang penting dalam pertumbuhan sikap optimisme pada anak. Lingkungan juga dapat memengaruhi sikap optimisme anak. Nah, sikap optimis perlu distimulasi sejak dini.

Bahkan, Nicky'Maulani, M.Psi., Psikolog., CGA, psikolog di RS. Hermina Ciruas, Banten 'mengungkapkan bahwa sikap optimisme dapat ditumbuhkan sejak dalam kandungan. Misal, membiasakan berkata lembut, bercerita tentang hal-hal yang positif juga membisikkan kata-kata yang penuh semangat. Begitu, pun setelah lahir, orangtua dapat memberikan stimulasi yang disesuaikan dengan usia anak.

Empat Manfaat OPTIMISME ANAK

Sifat optimis yang ditanamkan sejak dini akan terus melekat dalam diri anak. Sikap optimis dapat melahirkan banyak manfaat,antara Iain:

  1. Menumbuhkan kepercayaan diri.  Sikap optimis membuat anak melihat dunia secara positif sehingga menarik ifasa ingin tahunya untuk mengeksplorasi dunia Iebih Iuas. Anak yang optimis memiliki kepercayaan diri yang Iebih tinggi dan lebih siap menghadapi masa depan yang penuh tantangan.
  2. Merasa lebih gembira.  Ketika seseorang merasa Iebih optimis, ia akan merasa lebih bahagia dan gembira. Faktor tersebut terkait dengan meningkatnya imunitas. Orang yang berpikir positif atau optimis, tidak menganggap kegagalan yang dialaminya bersifat permanent.
  3. terhindar dari depresi. Orang yang optimis di ketahui memiliki kemampuan dalam mengendalikan stres yang Iebih baik di bandingkan dengan rekan- rekan nya yang kurang memiliki sifat optimis. Maka orang optimis akan terhindar dari depresi dan stres.
  4. Lebih dekat dengan kesuksesan . Sikap optimis membuat anak berupaya untuk memberikan hasil yang terbaik karena ia yakin ia mampu dan bisa mencapai tujuan. Sikap demikian dapat membawa anak mencapai kesuksesan.

Sebaiknya, anak yang tidak di biasakan untuk bersikap optimis, dapat berkembang menjadi -sosok yang pesimis dan penakut. Anak akan menjadi tidak percaya diri dan takut mengoba berbagai hal baru karena ia merasa tidak mampu. Anak akan kurang memiliki daya juang dalam pencapaian tujuan sehingga mudah menyerah saat dihadapkan pada hambatan. Daya saingnya pun lemah, ia akan menghindari perlombaan dan cenderung gagal dalam mencapai kesuksesan,” urai Nicky.

Selain ituh, sikap pesimis juga dapat membawa anak menjadi terbiasa memadang buruk setiap permasaIahan yang ia hadapi Hal ini membuat anak mudah frustrasi jika dihadapkan pada hambatan dan tidak terampil dalam mencari solusi dari permasalahannya.

10 Langkah Tepat

Lalu apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan optimisme anak? Berikut di antaranya:

  1. Berikan stimulasi yang sesuai dengan usia dan kebutuhan

Izinkan anak untuk' mencoba mengenali benda –benda sekitarnya. Sesuaikan stimulasi yang orangtua berikan dengan usianya. Catat perkembangan dan kecenderungan minatnya agar kita mudah mengmukan cara mendidik yang sesuai dengan tipe dan karakter anak.

  1. Mengembangkan rasa mampu dari anak.

Orangtua sebaiknya mendorong anak sejak dini untuk merasa mampu melakukan apapun. Dukung anak untuk mau mencoba melakukan sesuatu sejak bayi dan memberikan penghargaan jika anak berhasil. Penghargaan tidak harus berupa pujian kata-kata, namun dapat. Juga ditunjukkan eképresi penuh kasih sayang, menepuk bahunya, bertepuk tangan dan sebagainya.

"Namun, yang terpenting cukup membuat anak mendapatkan pesan yang sedang disampaikan sehingga menguatkan rasa percaya dirinya untuk selalu berusaha dapat menguasai suatu keterampilan tertentu.

  1. Jadiiah contoh yang baik untuk anak.

Orangtua perlu memberikan contoh kepada anak dengan menjadi orangtua yang optimis dan tidak mudah menyerah. Orangtua, dapat berbagi cerita mengenai pengalaman nya di masa sulit dan bagaimana ia menghadapinya. Orangtua dapat juga menceritakan pikiran-pikiran positif kepada anak saat menghadapi situasi yang kurang menyenangkan. Biarkan anak mendengar saat orangtua melakukan 'self talk’ sehingga anak dapat mencontohnya dan menerapkannya saat menghadapi hambatan.

  1. Latih anak untuk herhaclapan dengan situasi yang kurang menyenangkan

Orangtua perlu melatih anak berhadapan dengan berbagai situasi dan kondisi yang di dalamnya' terdapat risiko dan kegagalan nya. Anak yang terbiasa dilatih dalam kondisi -kondisi tersebut akan melahirkan mental yang lebih baik dan tidak mudah putus asa ketika menghadapi Suatu masalah. Anak yang dilatih pada kondisi seperti ini akan Iebih matang secara mental dan membuat jiwa mereka tidak Ymudah rapuh. Alhasil, anak tidak mudah depresi ketika ia harus dihadapkan pada kenyataan yang tidak sesuai dengan hadapannya.

  1. Re-Frase prerkataan anak

Ucapkan dengan menggunakan kata yang berbeda sehingga dapat Anak: “Aku enggak punya-teman bermain"  Orangtua:  Terkadang memang tak mudah mendapatkan teman tapi kemarin kamu kan sudah berenang bersama tina.

  1. Ajak anak untuk Memotifasi diri

Gunakan kata- Kata afirmatif untuk melatih anak memberikan  instruksi pada dirinya. kata-kata afirmatif tidak. boleh merupakan pembohongan diri. Misal, anak takut tidak bisa menjawab Soal ulangan. Orangtua gtidak boleh Iangsung mengabaikan rasa takgtnya. Kalimat yang tepat adalah "Saya memang takut tapi saya bisa menghadapi rasa takut ini dengan mempelajari materi sebaik-baiknya"

Lalu orangtua dapat meningkat kan kepercayaan diri anak dengan melanjutkan kalimat “ayo kamu pasti bisa” . Mari ibu/ayah temani belajar “. Untuk anak pra-sekolah, orang tua dapat membiasakan kata afirmatif melalui dongeng  yang kita bacakan sebelum tidur, atau saat menemani anak bermain boneka.

  1. Hindari ‘Cerita Buruk’ Pada anak

 Orangtua sebaiknya tidak memberikan citra yang buruk terhadap anak misalnya memberi sebutan tertentu pada anak. Sebab, secara di sadari atau tidak, anak akan menyerap citra yang diberikan orang tua. Citra tersebut akan menempel dalam diri anak menjadi sebuah identitas dan karakter anak.

“Anak menjadi tidak percaya diri sehingga terhambat dalam melakukan segala hal. Misall ketika Anda memberikan anak citra ‘si penakut disadari atau tidak hal ini akan diserapnya dan membuat ia' memiliki batasan untuk melakukan segala haI.

  1. Berikan film atau cerita yang menginspirasi.

 Ajak anakuntuk membaca buku atau menonton bersama film-film yang menginapirasi seperti The Karate kids, Lion King,” dan lain sebagai nya. Bahas bersama anak mengenai nilai-nilai kebaikan yang diperoleh dari film atau buku tersebut.

  1. Siapkan Lingkungan yang positif

Lingkungan yang penuh kasih sayang serta memiliki hubungan yang hangat antar anggota keluarga membuatanak-anak merasa nyaman dan iaman dalam berekspresi.Sikap optimis  dapat membuat seseorang menjadi terampil dalam bersosialisasi dan dapat menjalin felasi sosial dalam jangka waktu yang lama. '

  1. Ajak anak untuk mendekatkan diri pada tuhan

 Ajari anak untuk mengenal Tuhannya dan kembangkan keyakinan bahwa Tuhanjadalah Maha Pengasih dan Penyayang yang akan membantu setiap hamba-Nya yang sedang kesulitan. Dengan meyakini Tuhan yang Maha Penolong maka anak menjadi Iebih optimis dan percaya diri dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Sumber : NOVA          

 

Baju Anak Import, Baju anak kita, Distributor baju anak, Baju anak perempuan, supplier baju anak, Baju Branded Anak Murah,Grosir Baju Murah, Agen Baju Anak, Baju Anak Bayi, baju anak anak, Baju Import Anak Murah, Baju Anak Laki-laki,
Baju Branded Bandung, Grosir Baju Bayi,Agen Baju Grosir, baju anak branded,Baju Anak Murah, Baju Anak Impor,Baju Branded Dewasa, Harga Baju Import Anak, supplier baju murah,Baju anak wanita,
Harga Supplier Baju Anak Import, Jual Baju Anak Branded,Baju Branded Grosir, Baju Anak Hongkong, Baju Anak, Baju Import Anak Murah Grosir, Baju import Bangkok, Dress anak import,
Agen Baju Murah, baju anak grosir,baju anak branded murah, Agen Baju Bandung, Grosir Baju Import, baju anak gw, baju anak grosir import,
baju anak branded import murah, Baju Anak Korea, baju anak branded import,Grosir Baju Anak,Jual Baju Anak Import Bandung, Baju Import Anak Online,

PUSATBAJUMURAH.COM bandar baju untuk baju branded berkualitas, baju anak maupun baju dewasa dengan harga murah. Kami jual cere, grosir, partai dan karungan.
Bisa langsung ke lokasi : gudang kami di Jl. Pondokmas Raya 18, Cimahi Jawa Barat, Indonesia. 081223734994

08122 1155 717




Komentar Artikel "CARA TUMBUHKAN OPTIMISME ANAK"