CARA MEMBANGUN KARAKTER ANAK YANG POSITIF.

6 bulan yang lalu      Artikel

MEMBANGUN KARAKTER ANAK LEBIH BAHAGIA

Karakter  Anak? Apasih Itu?

Karakter adalah kualitas dari dalam diri seseorang. Ada beberapa karakter yang terkait dengan kecerdasan, contohnya adalah ketelitian, kesenangan belajar, dan keingintahuan. Ada pula karakter yang lebih terkait dengan perkembangan aspek sosial. Contohnya penolong, murah hati, dan toleransi terhadap keberagaman. Selain karakter-karakter itu, ada pula karakter yang lebih terkait dengan perkembangan emosional. Contohnya adalah percaya diri, tangguh, jujur, dan banyak lagi.

Kualitas ini yang menentukan seperti apa orang ini dilihat oleh orang lain di sekitarnya. Mereka yang cerdas namun sering menghina orang lain, bisa terhambat laju kariernya di kantor kelak. Demikian pula mereka yang berwajah rupawan namun tak jujur, tentu sulit dipercaya oleh sekitarnya. Sebaliknya, sudah banyak buktinya bahwa mereka yang terlihat biasa saja, namun justru punya prestasi yang membanggakan. Contohnya, para peneliti yang tekun sehingga berhasil menciptakan berbagai inovasi yang membantu hidup kita. Jelas, kan, pentingnya karakter buat masa depan anak.

Tak usah jauh-jauh ke masa depan. Anak-anak yang punya karakter yang baik cenderung lebih bahagia Kok, bisa? Anak yang senang belajar, teliti dan punya keingintahuan tinggi biasanya mampu berprestasi lebih baik. Anak yang mampu menghargai orang lain, penolong, bertoleransi terhadap keberagaman, lebih disukai teman. Anak yang percaya diri, berdisiplin, dan tangguh, akan mampu bertahan dalam situasi yang sulit, dan lebih mungkin berhasil mencapai tujuannya. Pada akhirnya, anak yang punya prestasi optimal, disukai teman, dan berhasil mencapai tujuannya, jadi mudah menemukan sumber kebahagiaan, kan?

Membangun Karakter Anak

Karena karakter yang baik sangat berguna untuk anak di masa kini maupun masa depan, sudah tentu penting sekali untuk dikembangkan. Proses pengembangan karakter tersebutlah yang kita sebut character building. Program ini sering ditawarkan oleh sekolah, padahal bisa dilakukan orangtua di rumah.

Contohnya karakter percaya diri. Menurut Erik Erikson, pengikut Sigmund Freud yang sangat tertarik pada perkembangan manusia dari bayi sampai lansia, kepercayaan diri dipupuk sejak si kecil barulahir. Kita tahu, bayi sangat butuh bantuan orangtua. Jika Iapar, ia butuh disusui. Jika popoknya kotor, ia butuh digantikan popok dan baju nya. la pun membutuhkan orangtuanya untuk melihat dunia. Bukankah diawal hidupnya, ia perlu gendongan orangtua untuk dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain?

Banyaknya kebutuhan bayi kurang selaras dengan kemampuan bayi dalam menyampaikan kebutuhannya. Bayi menunjukkan gerakan tertentu untuk menunjukkan ada sesuatu yang diinginkannya, dan jika belum juga dipenuhi, maka bayi akan menangis. Demikian pula jika orang tua salah merespons kebutuhannya, maka bayi biasanya akan rewel. Misalnya, ia kenyang dan popoknya basah, namun ibu justru memaksa menyusuinya.

Apabila orangtua cukup sensitif dalam menangkap kebutuhan bayi, maka bayi akan mengembangkan rasa percaya pada iingkungannya. Ia percaya bahwa orang-orang di sekitarnya baik hati dan ingin membantunya. Perasaan percaya iniiah yang disebut Erikson sebagai basic trust. Sementara itu, jika orangtua sering terlambat atau bahkan salah merespons, maka yang berkembang ada lah mistrust alias tak percaya pada iingkungannya. Anak yang percaya pada lingkungannya, menurut Erikson, akan lebih cepat mengembangkan rasa percaya padaydirinya sendiri.

Bila Terlambat Mengembangkan Karakter Anak

Apabila anak sudah mendapatkan rasa percaya diri, maka Iebih mudah baginya untuk mengembangkan berbagai karakter positif lainnya. Bagaimanapun, ketika ia mengetahui bahwa dirinya baik, maka ia menjadi lebih yakin untuk mengembangkan dirinya. Nah, bagaimana dengan anak yang sudah besar, bahkan sudah remaja, namun belum juga percaya diri? Apakah sudah terlambat mengembangkan karakter baiknya?

Kabar baiknya, karena otak itu plastis (yang artinya masih bisa terus dikembangkan walaupun sudah tak lagi di usialemas), maka, kita masih punya kesempatan untuk membantu anak mengembangkan karakter positifnya. Memang akan lebih sulit untuk mengubah perilaku remaja, dibandingkan ketika masih balita. Namun pasti bisa! Supaya lebih efektit, perlu kerja sama antara orangtua dengan pihak sekolah, juga lingkungan masyarakat tempat anak bergaul. Diskusikan dengan guru-gurunya, apa yang disarankan oleh sekolah, dan tanyakan apa yang bisa dilakukan di rumah. Apa yang dilakukan orangtua di rumah juga perlu dikomunikasikan dengan guru. Dengan demikian selaraslah karakter yang dibangun di rumah dan di sekolah.

Selamat Mengembangkan Karakter Positif Anak!

Bimbingan anak, pengasuhan anak, Karakter Anak, Anak Bahagia, anak dan Keluarga Bahagia, 

Baju Anak Fanfi,Fanfi Baju Anak,Grosir Baju Anak Cimahi,

Pusat Baju Murah Bandung,Pusat Grosir Baju Anak Bandung,

Baju Anak Sisa Export,Supplier Baju Anak Import Tangan Pertama,

Dress Anak Premium Fanfi,Baju Anak Premium Fanfi,

Mencari baju anak terbaik untuk kecintaan para bunda?  Koleksi terbaik ada di Fanfi Fashion shop.

FANFI FASHION SHOP = PUSAT BAJU ANAK BRANDED MURAH BANDUNG

Kami menyediakan aneka baju anak BRANDED baik Baju anak dan baju bayi. Produk berkualitas dengan harga Murah terjangkau. Supplier Baju Anak Impor Murah Tangan Pertama langsung dari Pabrik Cina. Jual secara Ecer, Grosir dan Partai. Menerima Reseller baju dan Dropship.

Hubungi kami : WA : +62 -8122373-4994 atau 0813-2123-8833 atau 0812-2238-9290,  Taman Pondok Mas Indah Ruko No, 18. Baros, Cimahi. Jawa Barat. Indonesia.

Untuk dapatkan berbagai BONUS danVOUCHER DISKON, JOIN SEGERA Sebagai RESELLER Kami,   di : WWW.FANFIFASHION.CO.ID

Update koleksi Baju Terbaru dengan mengikuti akun kami di :

WWW.INSTAGRAM.COM/FANFIFASHION

Atau akun facebook kami :

  1. JUAL BAJU ANAK BRANDED, https://business.facebook.com/bajuanakbrandedfanfi/
  2. BAJU BRANDED MURAH, https://business.facebook.com/Pusatbajubrandedmurah/
  3. JUAL BAJU ANAK BRANDED BERKWALITAS, https://www.facebook.com/bajuanakberkualitasfanfi/
  4. BAJU BRANDED JUNIOR, https://business.facebook.com/bajuanakbrandedmurahbandung/
  5. BAJU ANAK FANFI FASHION, https://business.facebook.com/GrosirBajuAnakBrandedFanfi/
  6. BAJU ANAK FANFI , https://www.facebook.com/grosirbajuanakfanfi /

 

dapatkan free ongkir dan permudah belanja melalui cicilan dengan order via toko kami di

https://shopee.co.id/fanfifashion

 

 Grosir Murah, Grosir Pakaian, grosir pakaian, grosir pakaian anak, grosir pakaian anak bandung, grosir pakaian anak branded, grosir pakaian anak branded murah, grosir pakaian anak di bandung, grosir pakaian anak import, grosir pakaian anak import murah , Grosir pakaian anak murah, grosir pakaian anak murah berkualitas, grosir pakaian anak online, grosir pakaian bayi import , grosir pakaian import anak , grosir pakaian murah, grosir perlengkapan bayi import , Grosir Setelan Baju Anak Laki-laki, Grosir Tanah Abang, Grosiran Baju Anak Laki Laki,




Komentar Artikel "CARA MEMBANGUN KARAKTER ANAK YANG POSITIF."