CARA HADAPI ANAK KERAS KEPALA

1 tahun yang lalu      Artikel

ADA 8 CARA HADAPI ANAK KERAS KEPALA

 

        Adakalanya seorang anak keukeuh dengan keinginan atau pendapat pribadinya.padahal ibu tak setuju dengan hal itu.harus bagaimana?

Hadapi Tanpa paksaan lalu bagaimana cara menghadapi  si keras kepala ini?

 

Berikut upaya yang bisa kita lakukan.

1.Anak berkemauan keras adalah pembelajar melalui pengalaman

             Sebagai contoh,untuk mempercayai bahwa kompor itu panas maka ia perlu mendekati kompor agar dapat merasakan sensasi panas di sekitar alat tersebut.maka lebih efektif untuk membiarkan ia belajar melalui pengalaman,daripada kita mengontrolnya.Hal ini seringkali menguji batas kesabaran kita,namun pahamilah bahwa begitulah cara ia belajar.

2.Anak berkemauan keras ingin penguasaan lebih dari apapun

             Biarkan dia mengambil alih kegiatannya sendiri sebanyak mungkin.Hindari terlalu banyak menyuruhnya,akan tetapi kita bisa mengingatnya.

3.Berikan pilian kepada anak  

            Jika anda memberikan perintah,ia akan hampir pasti menolak.sedangkan jika kita memberikan pilihan maka anak lebih senang bekerja sama.ia merasa mampu mengambil keputusan sendiri dan bertanggung jawab atas pilihannya.

4.Beri mereka otoritas kebebasan akan dirinya sendiri.

            Sebagai contoh,anak tidak mau memakai jaket.Kita bisa memberikannya kemungkinan,misalnya mengatakan,’’kalau nanti hujan dan kamu tidak memakai jaket kira-kira apa yang terjadi? Kalau nanti kamu kehujanan,kira-kira akan sakit atau tidak?’’

5.Hindari memaksa anak jika ia tidak mau mengikuti arahan klita

           Hal tersebut hanya akan membuat anak menentang orangtua. Orangtua memiliki peluang yang besar untuk menenangkan pedebatan,hanya saja hal tersebut akan merusak hubungan anak dan anda.tenangkan diri anda lalu tarik napas dalam-dalam elanjutnya berikan anak penjelasan dengan cara komunikasi  yang baik.

6.Luangkanlah waktu anda untuk mendengarkan apa yang anak inginkan    

            Kebutuhan anak sebenarnya tidak banyak.ia menginginkan perhatian dan kasih sayang anda sebagai orangtua.kasih sayanglah yang bisa meminimalisasi kebutuhan anak pada sesuatu hal yang bersifat’’materi’’.

7.Memilih waktu yang tepat untuk menasehati anak

              Pentingnya memilih waktu yang tepat untuk menasehati anak,dimana ia tidak merasa terpaksa untuk mendengarkan pesan moral yang disampaikan orangtua.Disini orangtua harus pintar membaca situasi dan karakte anak.kia-kia pada saat kapan anak bia di ajak bicara dan menjadi pendengar yang baik.

8.Memberikan fasilitas sebagai media untuk menyalurkan hobi anak

              Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda.Para orangtua harus bisa peka dalam melihat hal ini.hindari memaksakan minat orangtua kepada anak.Namun orangtua perlu menyalurkan minat dan potensi anak.                                                                                                                                                Dengan menyalurkan apa yang menjadi hobinya,anak senantiasa akan terus bergerak dan sisa energinya akan tersalurkan kepada hal-hal Yang positif.ini akan membuat anak tehindar dari keadaan bosan,mudah maah,sedih,dsb.                                                                                                                                Yang jelas,sikap keras kepala tidak akan menghilang dengan sendirinya namun pelu arahan dan didikan oangtua.pean pola asuh sangat penting untuk membentuk,kaakter anak.Orangtua perlu memberikan contoh yang baik ke[pada sang buah hati untuk terbuka terhadap kritik dan masukan dari orang lain.Temasuk juga orangtua bisa menerima kitik dari anak.Alhasil,ia pun dapat meniru sikap orangtua untuk terbuka terhadap arahan dan saran dari orang lain.

       terimakasih semoga bermangfaat??

Baju Anak Fanfi,
Fanfi Baju Anak,
Grosir Baju Anak Cimahi,
Pusat Baju Murah Bandung,
Pusat Grosir Baju Anak Bandung,
Baju Anak Sisa Export,
Supplier Baju Anak Import Tangan Pertama,
Dress Anak Premium Fanfi,
Baju Anak Premium Fanfi,
 

artikel by;nova

FANFI FASHION

WA 082240704969

IG;bajuanakbrandedfanfi

Grosir Baju Anak Murah, Baju Murah Berkualitas, Baju Pesta Anak, Reseller Baju Murah,

pakaian anak branded, baju anak branded murah berkualitas, t shirt branded murah, jual kaos branded murah ,

Baju muslim branded murah, Jual pakaian anak branded, kemeja anak branded murah, dress branded murah ,

Jual Kaos Anak Branded, Jual baju branded murah, baju kaos anak branded, jaket anak perempuan branded ,

Pakaian branded anak, supplier pakaian anak branded, jual kaos anak branded murah, jual kaos branded original ,

                                                        




Komentar Artikel "CARA HADAPI ANAK KERAS KEPALA"