CARA AGAR ANAK TAHAN BANTING, ASAH LAH AQ ANAK.

1 tahun yang lalu      Artikel

ANAK BELAJAR DARI GAGAL AGAR TAHAN BANTING.

Anak Tahan Banting? Pastilah itu yang diinginkan semua orangtua. Bila si anak gagal, mengalami kesulitan dll, kita pasti berharap anak segera bangkit dan bahkan sukses di lain kalinya. Lalu Bagaimana Caranya?

 Asah AQ, Agar Anak kita Tahan Banting.

AQ bila dilihat dari asal kata nya, adversity berasal dari bahasa lnggris yang berarti kegagalan atau kemalangan  (EchoIs & Shadily, 1993). Dapat pula iartikan sebagai suatu kondisi ketidak bahgiaan, kesulitan,ataupun\ ketidak beruntungan.  Nah, dalam kajian psikologi, menurut  Melva Dumasari' Tobing, M.Psi, Pslkolog dari IPEKA Counseling Center Jakarta, adversity didefinisikan sebagai tantangan dalam kehidupan. Dengan demikian, Adversity Quotient diartikan sebagai kecerdasan seseorang dalamg menghadapi rintangan atau kesulitan dalam kehidupan sehari-hari (Stoltz, 2000).

“Kemampuan menghadapi tantangan ini merupakan Salah satu hal yang mendukung individu untuk meraih kesuksesan dalam hidupnya.Jika seorang anak memiliki AQ tinggi maka ia cenderung tidak akan menyalahkan orang Iain atas kegagalannya.”Sebaliknya, ia akan merasa bahwa kegagalan yang dialami adalah bagian dari kesuksesan yang tertunda. Anak juga merasa bahwa dirinya siap untuk menghadapi tantangan yang akan ditemukan, serta siap untuk menyelesaikan masalah yang akan dia hadapi.

Asah AQ anak Sejak Dini.

Lalu, sejak usia berapa kita bisa mengenali/mengasah AQ anak? “Tentu sedini mungkin kita sudah bisa melatih AQ anak sehingga ia terbiasa menghadapi berbagai hambatan dalam keseharian. Misalnya melatih kesabaran anak dengan tidak selalu menuruti kemauan anak."Nah, bagi anak usia balita kita dapat melatihnya dengan mengajarkan ia 'untuk mematuhi jadwal harian yang telah dibuat orangtua. Dengan mengikuti jadwal' tersebut, sang buah hati dilatih daya tahannya untuk mengikuti aturan dan arahan dari pihak otoritas, dalam haI ini mama papa.

Hal ini juga” akan melatih anak untuk bersikap disiplin dalam penggunaan waktu, seperti waktu untuk bermain dan untuk tidur. Dalam konteks ini, .anak dilatih menunda keinginannya untuk terus menerus bermain.

 Sedangkan, untuk anak yang sudah memasuki sekolah dasar, kita dapat melatihnya dengan mulai memercayakan beberapa tugas secara mandiri. Misalnya, untuk bertanggung jawab terhadap barang-barang pribadinya, seperti menyusun buku pelajaran, mainan ataupun pakaian. Anak juga sudah bisa diajak berdiskusi untuk hal-hal tertentu seperti menentukan tempat untuk berakhir pekan, memllih makanan di restoran, menabung uang saku/jajan sekolah untuk rnembeli mainan tertentu, dan lain-lain.

Ragam Manfaat karena AQ anak terasah.

 Ragam Manfaat Dengan -mengasah AQ anak maka ia akan rnemiliki daya tahan untuk menghadapi kesulitan atau tantangan, serta mengetahui bagaimana cara menghadapi tantangan tersebut. Selain itu, anak akan mampu mengubah tantangan, masalah, hambatan menjadi suatu peluang keberhasilan sesuai dengan potensi yang dimiliki nya. Bila orangtua tak berusaha mengasah kemampuan AQ ini, tentu bisa menimbulkan d-ampak yang tak baik. Misalnya, sikap over protection atau kasih sayang berlebih tidak pada ternpatnya dari orangtua justru akan membunuh kemandirian anak. Hal inilah yang membuat AQ akan tidak berkembang dengan optimal.

Dampak AQ rendah pada anak laki-laki ,ialah terjadinya “Peter Pan Syndrome". Dengan kata lain, anak laki-laki menjadi tidak pernah dewasa karena setiap hal disediakan oleh orangtua. Sementara, pada- anak perempuan akan terjadi sindrom yang dinamakanidengan "Cinderella Complexff, di mana anak mengharap “prince charming” datang untuk menyelamatkan dirinya karena ia tidak mampu menghadapi kesulitan hidup akibat terlalu dilindungi.

Sikap Konsiten Orangtua saat mengasah AQ

Lalu, apa yang harus disiapkan orangtua dalam mengasah AQ  sang buah hati? “Sebenarnya tidak ada hal khusus yang diperlukan oleh orang tua untuk melatih AQ anak. HaI yang paling dibutuhkan adalah kesiapan hati orangtua untuk bersikap konsisten dalam mendidikanak. ”Orangtua juga sebaiknya dapat memberikan' pujian yang tepat pada anak dan tidak selalu memberi jalan keluar/penyelamat pada setiap masalah anak. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua dalam mengasah AQ sang anak,iyaitu:

  1. Lakukan aktivitas yang membutuhkan pemecahan masalah. Menyelesaikan tugas PR secara mandiri, menyiapkan buku dan bahan pelajarannya sendiri, ataupun bersama-sama dengan anak melakukan permainan edukatif seperti- amazing race, puzzle, IQ Car, dan lain-Iain.
  2. Melatih menunda pemenuhan keinginan anak, atau dengan kata Iain tidak Iangsung memberikan apa yang diinginkan anak. Namun, memberikan syarat untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.
  3. Melatih anak mematuhi jadwal harian, seperti waktu untuk belajar, bermain, istirahat dan makan,dan Iain-Iain.
  4. Melatih kesabaran anak untuk menunggu giliran, misalnya membeli makan di kantin, saat mengantre dikasir, membeli karcis di tempat wisata/bioskop, masuk ke wahana permainan, dan sebagainya.
  5. Beri penghargaan ketika anak dapat menyelesaikan. tugas dengan baik. Hindari kata-kata negatif. Yang merendahkan.
  6. Buat peraturan di rumah yang dipahami dan disepakati antara anak dan orangtua. Tentukan 'juga konsekuensi yang jelas dari peraturan tersebut.

Sumber : NOVA

Agar Anak Sukses, Anak Tahan Banting, Anak Belajar dari gagal, Anak Sukses, Ajari anak saat gagal, Belajar dari Gagal anak tahan banting, Apa sih AQ,

Grosir baju anak, Grosir baju murah, Grosir baju murah bandung, Grosir baju anak bandung, Grosir baju tanah abang, Grosir baju bayi bandung, Grosir baju Branded bandung, Grosir baju anak import,grosir baju muslim,grosir baju murah online,

Grosir baju tidur, Grosir baju anak branded, Grosir baju anak tanah abang, Grosir baju anak di pasar andir bandung, Grosir baju anak murah di bandung, Grosir baju anak branded bandung, Grosir baju anak branded murah bandung, Grosir baju anak cimahi,Grosir baju bayi,

FANFI FASHION : PUSAT GROSIR BAJU MURAH BANDUNG

Kami menyediakan berbagai baju Branded, baju sisa ekspor, Baju anak impor dan lokal.

Baju Murah dan berkualitas untuk anak dan dewasa.

membuka kerjasama : AGEN, reseller dan dropshipper

Jl. Pondokmas Raya 18, Cimahi Jawa Barat, Indonesia

0813-2123-8833 / 0812-2373-4994/ 081-2211-55-717

 

www.fanfifashion.net

www.fanfifashion.co.id

www.instagram.com/fanfifashion

www.shopee.co.id/fanfifashion

 




Komentar Artikel "CARA AGAR ANAK TAHAN BANTING, ASAH LAH AQ ANAK."