ANAK BERANI TANGGUNG JAWAB

1 tahun yang lalu    

BAGAIMANA MENGAJARI ANAK BERANI BER TANGGUNG JAWAB?

jika anda cantik,bisa di pastikan si kecil juga bahkan lebih cantik dari anda.tapi,jika anda merasa sebagai sosok yang bertanggung jawab, jangan mengira otomatis si kecil juga akan begitu

Gara-gara main bola di ruang tamu,si kecil mengaku telah memecahkan pajangan kristal. Malamnya,si kakak bercerita tadi siang di hukum berdiri di depan kelas,gara-gara tidak mengerjakan tugas sekolah.
Dan kita pun tak memarahi si kecil dan kakaknya." kan mereka tanpa ditanya Sudah mengaku salah. Berarti,mereka,kan bertanggung jawab," batin kita

Sudah Benarkah sikap kita seperti itu kepada mereka?

ANAK KU, KALAU KAU BERANI BER TANGGUNG JAWAB.. KAMU LEBIH CANTIK, NAK!

Mau marah? Ya terserah tetapi., memuji anak-anak karena mereka berani mengaku salah- yang merupakan salah satu sikap bertanggung jawab- wajib hukumnya.
Sebab, menjadikan anak-anak kita sebagai sosok yang bertanggung jawab, yang berani menanggung konsekuensi atas perbuatannya,sungguh tidak mudah.


Saking susahnya mendidik anak untuk bertanggung jawab, harus dilakukan sejak dini." jika sudah terbiasa bertanggung jawab sejak dini, maka ketika sudah dewasa sifat ini akan mudah dikembangkan sehingga hal yang tidak bertanggung jawab dari perbuatan. Anak itu bisa tereduksi bahkan hilang," ujar Maharani Ardi Putri,M.Si.Psi.,dosen jurusan tes psikologi Universitas Pancasila.

Apalagi sikap bertanggung jawab bukanlah sifat yang diturunkan atau genetik, dari orang tua kepada anaknya. Sehingga untuk menumbuhkan sikap bertanggung jawab, di perlukan kebiasaan baik yang terus-menerus dilakukannya.


Untuk itu perlu peran orang lain untuk membiasakan anak sedini mungkin dengan memulainya dari hal kecil seorang anak membutuhkan contoh dan arahan. Dari lingkungan terdekatnya, yaitu orang tua," lanjut Putri.
Orang tua seperti kita tahu memiliki peranan yang signifikan terhadap tumbuh dan kembang anak,tidak hanya Ibu

Peran ayah juga sama besarnya dengan peran ibu. Apabila Peran ayah tidak sejalan dengan yang Ibu lakukan pada anaknya,maka anak dipastikan akan bingung dan nggak gamang.
Peran ayah sebagai kepala keluarga merupakan figur yang baik dan pendukung peran ibu dalam seluruh aspek yang berhubungan dengan anak." maka dari itu anak akan merasa bahwa ayah dan ibunya merupakan sosok yang tepat untuk ditiru, begitu juga dalam hal mendidik untuk bertanggung jawab. Peran seorang ayah sama besarnya dengan peran seorang ibu," kata Putri.


PEDOMAN ORANG TUA UNTUK MENGAJARI ANAK BERANI TANGGUNG JAWAB.


Namun, sebelum kita mendidik anak agar bEerani bertanggung jawab, wajib tahu dulu seluk beluk perkembangan anak. Setelah paham betul barulah kita memilih cara, atau metode unt untuk membantu mengajarkan anak bertanggung jawab.


Nah,ada tiga komponen yang berperan dalam perkembangan anak.


1. Peran orang tua


Beri teladan. Karena orang tua merupakan orang yang paling dekat dengan anak, maka orang tua harus menjadi teladan yang baik. Orang tua juga harus menjadi model anaknya cara terjun langsung dan memberikan pemahaman terhadap anak tentang tanggung jawab." anak apa saja di perhatikan nya. Orang tua juga harus bisa mengomunikasikan tujuan dan manfaat ketika mengajarkan anak untuk melakukan sesuatu." ujar Putri.


2. Lingkungan sekolah .


Lingkungan sekolah jugaa memiliki peranan yang tidak kalah penting. Ketika beranjak remaja, kehidupan anak akan dihabiskan di sekolah. Padahal, belakangan ini banyak guru yang belum berperan sebagai pendidik, tapi hanya sebatas pengajar .karenanya., orang tua tidak bisa menitipkan pendidikan anaknya secara keseluruhan kepada sekolah bagaimanapun,orang tua juga harus ambil bagian untuk mendidik anak dalam hal apapun.


3. Lingkungan sekitar.

 
lingkungan sekitar cukup memiliki peran penting dalam mendidik anak untuk bertanggung jawab oleh karena itu, orang tua juga diharapkan bisa membentuk lingkungan yang kondusif untuk mendidik anaknya orang tua juga perlu memberikan arahan. Dan bimbingan mengenai kriteria lingkungan yang baik anak juga harus terbiasa. Berada dalam lingkungan yang positif, walaupun Tengah berada lingkungan yang dinamis seperti sekarang. Apabila ini diabaikan, tidak menutup kemungkinan jika anak akan terjebak dalam perangkap lingkungan buruk yang tidak tanggung jawab. Hedonisme, yang kini dianut banyak anak kota besar, salah satunya.


MULAI AJARI ANAK BERANI TANGGUNG JAWAB DENGAN MEMBERESKAN TEMPAT TIDUR.


Nah, untuk mengajarkan anak bertanggung jawab, orang tua bisa mengajarkan dari hal kecil terlebih dahulu. Misalnya bertanggung jawab terhadap dirinya,sendiri bisa dimulai sejak anak berusia 2 tahun, seperti membersihkan dirinya sendiri, atau meletakkan sepatu di tempatnya.


Selanjutnya bisa dilanjutkan dengan tanggung jawab yang sedikit lebih besar tingkatannya. Seperti membantu membereskan tempat tidurnya setiap hari, atau menyapu kamar dan membereskan bukunya." apabila sudah terbiasa sejak dini, anak akan dapat mengembangkan tanggung jawabnya di luar lingkungan keluarga, yaitu tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungannya," tambah Putri yang tak kalah penting, jangan pernah bosan untuk memberikan arahan dan jangan pada anak.


Jika saat ini kita merasa jadi yang bertanggung jawab, sudah pasti karena ayah dan ibu dulu tak pernah bosan mendidik kita. Mosok sekarang kita enggak menularkannya pada Si adik dan si Kakak.

 

Pusatbajumurah.com menjual berbagai baju branded berupa baju anak dan baju dewasa, baik baju lokal, baju sisa eksport dan baju import. hubungi admin kami di 081223734994

 

 

 

 




Komentar Artikel "ANAK BERANI TANGGUNG JAWAB"