AJARKAN ANAK BEREMPATI PADA KAWAN

1 tahun yang lalu      Artikel

AJARKAN ANAK BEREMPATI PADA KAWAN

Cara sederhana mengajarkan anak berempati pada temannya bisa dilakukan melalui hal-hal yang 'ditemuinya tiap hari di sekolah, "misalnya berbagi bekal. “Manfaatnya banyak, bekal yang dibawa dari rumah lebih higienis. Terutama bagi anak-anak, karena pencernaannya cenderung Iebih sensitif jika dibandingkan orang dewasa," kata Agustina, M.Psi,, Psikolog dan Dosen Fakultas Psikologi Universjtas Tarumanagara.

Selain itu, makanan dari rumah gizinya Iebih lengkap dan seimbang, "Bekal' yang dibawa dari rumah juga umumnya adalah makanan favorit anak, sehingga kemungkinan dihabiskan oleh anak culéup besar.” Keuntungan Iain, membawa bekal Iebih hemat jika dibandingkan dengan jajan di Iuar. “Karena menghemat uang jajan, maka orangtua dapat menjadikan momen ini sebagai pembelajaran bagi anak untuk mulai menabung.”Anak juga dapat belajar berempati dengan berbagi bekal atau bertukar Iauk dengan temannya. “Jika di sekolah ada jam makan bersama maka ada baiknya orangtua menyiapkan bekal yang Iebih untuk menganti sipasi jika ada anak Iain yang menginginkannya.” Sehingga anak tahu kalau membawa bekal yang cukup banyak dan tidak dihabiskan akan mubazir.

Jangan Dipaksa

Mengajarkan anak berbagi bekal akan mengasah rasa empati anak. "Anak akan memahami tentang perlunya membantu teman atau berempati kepada teman. Apalagi jika ada teman yang tertarik pada bekal anak atau bahkan tidak membawa békal. Anak belajar peduli pada keadaanyorang Iain dan dapat membuat orang Iain senang.” Jika temannya merasakan kebaikan anak, Maka mungkin saja anak akan menjadi akrab dengan teman nya tersebut dan saling membantu pada hal lain, seperti menerjakan pekerjaan rumah dan lain nya.”

Namun tak semua anak rela bekal nya dibagi dengan teman nya.” Karena anak  merasa bekal yang disiap kan orangtua adalah miliknya sendiri. Jadi, anak tidak merasa wajib atau perlu membagikannya kepada orang lain. Selain itu, mungkin saja bekal tersebut adalah makanan favoritnya sehingga merasa saying jika harus dibagi dengan temannya.”

 Apakah perlu ada paksaan jika anak tidak mau? “Dalam mendidik anak, memaksa bukanlah cara yang dianjurkan. Jika anak belum bersedia untuk berbagi, cobalah terus mendorong anak dengan memberitahukan sisi positif dari berbagi. Segera berikan anak pujian ketika anak mau melakukannya agar perilaku itu dapat bertahan.” Anak yang mau berbagi bekal dengan teman menunjukkan anak dapat memahami keinginan atau emosi dari temannya tersebut. "Jika anak paham, maka dengan senang hati ia akan berbagi bekal dengan temannya."

Tingkatkan Empati

Seperti apa, sih,'empati itu? Empati, menurut Zahn-Waxler and colleagues, 1992, adalah kemampuan merasakan bagaimana orang lain merasakan sesuatu pada situasi situasi tertentu. “Atau dengan kata Iain, kemampuan menempatkan diri pada posisi orang Iain dan merasakan apa yang orang Iain rasakan."

A Selain berbagi bekal,” empati bisa diperoleh dari banyak hal. Misalnya dengan hal sederhana, seperti tidak tertawa ketika mengetahui teman sedang kesulitan, meminjamkan alat tulis kepada teman yang tidak membawa atau mungkin pensilnya patah dan pulpennya rusak.” Sebenarnya, empati berhubungan dengan tingkat perkembangan emosional anak. "Jadi mungkin saja ada anak-anak yang belum mampu menunjukkan empatinya karena kurang mendapat stimulasi secara emosional.

Untuk meningkatkan kemampuan berempati orang tua dapat m,enjadi role model.sehingga anak dapat memahami dan mencontoh sebagaimana cara berempati.jangan sampai orangtua menyuruh anak berempati, namun sikap orang tua malah Sebaliknya, Seiring dengan pertambahan usia, anak dituntut lebih menyadari perasaan orang Iain. Anak bisa Iebih baik dalam meregulasi dan mengontrol emosi dan mampu merespons tekanan emosional yang dialami oleh orang Iain_(Sarni et al., 2006). '

° Dengan meregulasi dan mengontrol emosi, banyak ,ha yang dapat dicapai oleh anak, sehingga berkontribusi untuk masa depannya. "Seperti memiliki teman yang semakin banyak dan pertemannya semakin luas, sehingga berdampak positif bagi perkembangan psikososialnya." Ke depannya, bukan tidak mungkin teman-teman ini dapat membantu pada saat-saat diperlukan. Anak dapat belajar cepat melalui modelin atau peniruan. “Sebaiknya sedini mungkin orangtua mengajarkan melalui contoh kongkret bagaimana cara‘untuk berempati, agar ia tidak salah dalam berperilaku.”

 

Sumber : NOVA    08122 1155 71

 

 

FANFI FASHION : PUSAT GROSIR BAJU MURAH BANDUNG

 ===============================================

Kami menyediakan berbagai baju Branded, baju sisa ekspor, impor dan lokal, untuk anak dan dewasa.

alamat : Taman Pondok Mas Indah, RUKO No.18, Baros, Leuwigajah, Cimahi Jawa Barat.

Jual secara Ecer, Grosir dan Partai juga karungan / bal-balan. Menerima Reseller baju dan Dropship.

Nikmati berbagai Promo dan Diskon, mulai dari Voucher, Gratis Pulsa, Diskon berganda dan banyak Surprise Kado dari kami.

 

https://www.fanfifashion.net

https://www.fanfifashion.co.id

Dapatkan Free Ongkir dan keringanan belanja dengan sistem cicilan, jika anda mengorder via toko kami di marketplace : shopee Fanfifashion, atau di Bukalapak : Fanficollection.

https://shopee.co.id/fanfifashion

https://www.bukalapak.com/u/fanficollection

Ikuti terus info terupdate produk di Instagram kami : @ fanfifashion

WWW.INSTAGRAM.COM/FANFIFASHION

Dan Jangan lupa like fanpage kami di Facebook :

https://business.facebook.com/bajuanakbrandedfanfi (JUAL BAJU ANAK BRANDED)

Jual Baju Korea,Jual Baju Import,baju anak kita ,Baju Import Anak Anak,Baju Import Anak Bandung
Baju Import Anak Grosir,Baju Import Anak Korea,Baju Import Anak laki,Baju Import Anak laki2
,Baju Import Anak Mangga dua
Baju Import Anak Murah,Baju Import Anak Murah Grosir,Baju Import Anak Online,Baju Import Anak Tanah Abang,Baju Import Anak Terbaru
Baju Anak Anak,Baju Anak Branded Murah,Baju Anak Import ,Baju Anak Import Bandung,Baju Anak Import China
Baju Anak Import eceran Harga Grosir,Baju Anak Import Grosir Murah,Baju Anak Import Harga Grosir,Baju Anak import Harga Pabrik,Baju Anak Import Korea
Baju Anak Import Korea Terbaru,Baju Anak Import Murah
,Baju Anak Import Murah Berkualitas,Baju Anak Import Online,Baju Anak Import Tanah Abang
Baju Anak Import Tokopedia,Baju Anak Karakter,Baju Anak Perempuan




Komentar Artikel "AJARKAN ANAK BEREMPATI PADA KAWAN"